Minggu, 26 April 2015

Cara Memindahkan Aplikasi Android ke Eksternal SD Card

Cara memindahkan aplikasi Android ke SD Card, problem penyimpanan aplikasi pada handphone Android sepertinya masih menjadi masalah bagi Sobat pengguna Smartphone Android. Aplikasi gratis serta berbayar di Google Applications Store memang nyatanya bikin hati kepincut ingin download ini dan itu, tetapi ada daya ketika memori internal handphone kita ternyata penuh dan sebentar-bentar keluar notifikasi dari sistem bahwa memori penuh, ingin bagaimana lagi terpaksa urung download atau menghapus aplikasi lainnya yang sudah usang.

Memindahkan aplikasi Android ke SD Card, solusi lain mensiasati penuhnya memori internal ialah dengan menambah kartu memori eksternal berupa Micro SD atau Sdcard, namun masalahnya bagaimana cara memindah serta mengarahkan supaya setiap aplikasi yang kita download bisa masuk langsung ke memori eksternal agar supaya memori internal dapat lebih longgar ruangnya.




Aplikasi Android ke SD Card, sebelumnya abdi telah pernah posting artikel serupa di blog abdi yang lain berjudul cara mengarahkan aplikasi android langsung ke memori eksternal, namun cara tersebut waktu tersebut menggunakan handphone Smartfren Andromax dgn OS Android ICS. Pada artikel ini, di blog info19 ini prinsip artikel & pokok bahasan sebenarnya serupa atau sama, cuma abdi menggunakan handphone Android Acer Liquid Z4 dengan OS Android Jelly Bean. Berikut ini caranya, semoga bisa membantu Sobat info19 :

Masuk pada menu Settings atau pengaturan, kemudian tekan/pilih Penyimpanan.

Pilih Kartu SD

Setelah menekan penyimpanan, maka Sobat akan membuka jendela penyimpanan dgn Disk Tulis Default.

Disk Tulis default silahkan Sobat aktifkan Kartu SD, jika sebelumnya Penyimpanan telepon.

Jika sudah terlanjur tersimpan bagaimana memindahkan dari memori telepon ke memori kartu SD ?

Masuk di Pengaturan kemudian pilih Aplikasi atau Apl, pada menu Aplikasi >Terunduh silahkan Sobat pilih Aplikasi yang akan dipindahkan ke kartu SD.

Jika telah dipilih aplikasi yang akn dipindah, maka Sobat akn menemui jendela keterangan tentang Aplikasi & silahkan Sobat pilih Pindah ke Kartu SD, tunggu sebentar hingga proses selesai.

Jika proses sudah selesai, maka aplikasi sudah berada di Kartu SD sehingga memori internal lebih lega & longgar.

Selain memindah aplikasi-aplikasi dari memori internal ke memori Kartu SD, cara lain untuk menghemat memori internal bisa juga dengan mengatur default penyimpanan foto dari kamera. Lantaran secara default sebelum kami rubah, biasanya kamera handphone android kita mengarahkan penyimpanan ke memori internal.

Supaya foto dari kamera handphone langsung tersimpan di kartu SD

Cara supaya hasil foto kamera handphone langsung tersimpan di kartu SD Card dapat Sobat buka kamera terlebih dahulu setelah itu buka pengaturan kamera yg berlogo gigi, setelah itu pada menu pengaturan silahkan Sobat rubah pada Sumber penyimpanan menjadi Kartu SD.

Demikian artikel saya tentang cara memindahkan aplikasi android di kartu SD, semoga artikel aku berguna bagi pembaca blog gw ini. Terima kasih..Salam

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar